Laman

Senin, 10 Agustus 2015

adepusuang

bismillahirrahmanirrahim.... 

indahnya negeriku payakumbuh kab. 50 kota sumatera barat

Jembatan Layang “Kelok Sambilan” nan Mempesona

Beberapa hari yang lalu Presiden SBY meresmikan jembatan layang di Kelok Sambilan (Kelok 9) di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat. Kelok Sambilan (yang artinya belokan jalan yang jumlahnya sembilan buah) adalah salah satu kelok jalan yang terkenal di Sumatera Barat. Selain Kelok Sambilan, ada lagi Kelok Ampek Puluh Ampek (Kelok 44) di sekitar Danau Maninjau, Kabupaten Agam.
Jalur Kelok Sambilan adalah jalur lalu lintas yang penting, sebab ia menghubungkan daerah Riau dengan Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Dari Pekanbaru ke Padang pasti melewati Kelok 9 ini, begitu juga dari Sibolga (Sumatera Utara) ke daerah Riau juga melewati Kelok 9. Pengalaman saya dulu, kalau bepergian dari Pekanbaru hendak pulang ke Padang atau Bukittinggi selalu melewati Kelok 9. Jalur Kelok 9 cukup membuat perut teraduk-aduk karena tikungannya yang tajam dan banyak.
Kelok Sambilan sebelum ada jembatan layang (Sumber: http://warun99ambar.blogspot.com/2012/12/kelok-9-sumatera-barat.html)
Kelok Sambilan sebelum ada jembatan layang (Sumber:http://warun99ambar.blogspot.com/2012/12/kelok-9-sumatera-barat.html)
Karena Kelok 9 adalah jalur yang penting, maka jalur ini cukup ramai. Pada musim liburan seperti lebaran pasti macet karena banyaknya pengguna kendaraan yang melewatinya. Selain macet, waktu tempuh juga lebih lama karena jalurnya yang panjang. Untuk mengatasi kemacetan dan memperpendek waktu tempuh, maka Pemerintah membangun jembatan layang di atas Kelok 9 ini. Jembatan itulah yang diresmikan oleh Pak Beye dua hari yang lalu.
Saya melihat foto jembatan layang itu di Internet, waaahh… sungguh cantik dan mempesona, dipadu dengan pemandangan alam pegunungan Bukit Barisan yang menjadi dindingnya. Jembatan layang Kelok Sambilan terlihat meliuk-liuk di antara bukit-bukit yang curam. Bentuknya mirip seperti jalur tamiya, itu lho jalur balap untuk mobil mainan anak yang dirakit dan dijalankan dengan batere, he..he.
Di bawah ini beberapa foto jembatan layang Kelok sambilan yang saya peroleh dari berbagai sumber di Internet.
Jembatan layang Kelok sambilan (Sumber: http://www.setkab.go.id/nusantara-10738-.html
Jembatan layang Kelok sambilan (Sumber: http://www.setkab.go.id/nusantara-10738-.html
Jembatan layang Kelok Sambilan (Sumber: http://smknews.net/sekilas-tentang-kelok-9/)
Jembatan layang Kelok Sambilan (Sumber: http://smknews.net/sekilas-tentang-kelok-9/)
Jembatan layang Kelok Sambilan. Tinggi kaleee... (Sumber: http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=1570949&page=7)
Jembatan layang Kelok Sambilan. Tinggi sekali! (Sumber:http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=1570949&page=7)
Jembatan layang Kelok 9 dikala malam (Sumber: https://pbs.twimg.com/media)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar